Saluran Irigasi Pertanian Dangkal, Petani Penganjang Siap Ontrog PUPR

BIDIK EKSPRES - Musim kemarau yang terjadi pada beberapa bulan terakhir, menjadikan petani diberbagai desa di Kabupaten Indramayu menjadi kekeringan, hal itu juga yang terjadi pada lahan pertanian desa Penganjang,  terlihat kering dan sulit teraliri aliran air irigasi. ungkapan tersebut disampaikan oleh Pembina Karang Taruna Jaka Tarub, yang sekaligus sebagai ketua aliansi masyarakat peduli petani desa Penganjang.

Ketua Aliansi masyarakat peduli petani desa Penganjang Kecamatan Sindang,  Abdul Azis menyoroti bahwa sulitnya air masuk ke lahan pertanian dikarenakan saluran irigasi yang dangkal.

"Masyarakat petani Penganjang saat ini tidak maksimal dalam menanam sawah, dikarenakan saluran irigasi selama beberapa tahun terakhir tidak pernah dinormalisasi, akibatnya lumpur semakin banyak dan menghambat air masuk pada lahan pertanian,  untuk itu kami akan segera menyampaikan ke pihak PUPR atau dinas terkait lainnya agar segera menormalisasi jalur irigasi yang kami butuhkan, "tegasnya.
[ads-post]
Masyarakat petani desa Penganjang, Nurwahid saat diwawancara awak media menjelaskan bahwa pihaknya pada dua tahun terahir sudah pernah memohon normalisasi.

"Secara tertulis dalam bentuk proposal, masyarakat desa Penganjang sudah pernah mengajukan normalisasi, karena kalau normalisasi menggunakan anggaran swadaya, nampaknya kami tidak siap, anggarannya banyak dan mahal, "ungkapnya.

Ditambahkan Nurwahid bahwa banyaknya eceng dan pendangkalan telah mengakibatkan air yang  datang dari kali cimanuk baru tidak terserap penuh, bahkan  seringkali mengakibatkan  banjir, dan jika  sedikit air yang teraliri, maka laga  akan menjadi kering, untuk itu
normalisasi adalah solusi yang harus dilakukan saat ini untuk petani, "imbuhnya.

Saat ini petani penggarap banyak  mengeluhkan keadaan air, dan dikhawatirkan jika bulan depan terjadi hujan  panjang, maka tidak menutup kemungkinan air akan melimpah ke pikiran warga,  seperti banjir  yang terjadi pada saat tahun 2018 lalu.

Hingga berita ini ditulis, belum ada konfirmasi secara langsung dari pihak dinas terkait, apakah anggaran  perubahan tahun 2019 akan menyediakan normalisasi untuk desa Penganjang, atau bahkan sebaliknya.

Pena
By.
Aziz
Editor
By.
Redaksi
Foto / Video
By.
Azis

Masyarakat petani desa Penganjang, Nurwahid saat diwawancara awak media menjelaskan

Posting Komentar

[facebook]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget